Pengertian dan Fitur-Fitur Aplikasi Blender
Pengertian
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika
komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek
visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender
memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar
bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi,
penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
Logo blender |
Fitur
Rilis resmi Blender
untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux, serta port untuk FreeBSD, yang
tersedia di kedua versi 32-bit dan 64-bit. Meskipun sering didistribusikan
tanpa ekstensif contoh adegan ditemukan di beberapa program lain, perangkat
lunak berisi fitur yang merupakan ciri khas dari software 3D high-end. Di
antara kemampuan adalah:
- Dukungan untuk berbagai geometris primitif, termasuk jerat poligon, pemodelan permukaan subdivisi cepat, kurva Bezier, NURBS permukaan, metaballs, multi-res digital sculpting (termasuk topologi yang dinamis, peta kue, remeshing, resymetrize, penipisan ..), huruf garis besar, dan sistem modeling n-gon baru yang disebut B-mesh.
- Internal mesin render dengan ray tracing scanline, pencahayaan tidak langsung, dan oklusi ambien yang dapat mengekspor dalam berbagai format.
- Sebuah pathtracer mesin render yang disebut Siklus, yang dapat mengambil keuntungan dari GPU untuk rendering. Siklus mendukung Open Bahasa Shading sejak Blender 2.65.
- Integrasi dengan sejumlah eksternal membuat mesin melalui plugin.
- Alat animasi keyframed termasuk invers kinematika, angker (kerangka), hook, kurva dan deformasi berbasis kisi, kunci bentuk (morph sasaran animasi), animasi non-linear, kendala, dan vertex pembobotan.
- Alat simulasi untuk dinamika tubuh lembut termasuk deteksi jala tabrakan, LBM dinamika fluida, simulasi asap, Bullet dinamika benda tegar, pembangkit laut dengan gelombang.
- Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan untuk rambut berbasis partikel.
- Pengubah untuk menerapkan efek non-destruktif.
- Scripting Python untuk pembuatan alat dan prototyping, logika permainan, mengimpor dan / atau mengekspor dari format lain, otomatisasi tugas dan alat kustom.
- Dasar non-linear video / audio editing.
- Blender Game Engine, sebuah sub-proyek, menawarkan fitur interaktivitas seperti deteksi tabrakan, dinamika mesin, dan programmable logic. Hal ini juga memungkinkan penciptaan, aplikasi yang berdiri sendiri real-time mulai dari visualisasi arsitektur untuk konstruksi video game.
- Sebuah compositor simpul berbasis terintegrasi dalam pipa render dipercepat dengan OpenCL.
- Prosedural dan simpul berbasis tekstur, serta tekstur lukisan, lukisan proyektif, lukisan titik, lukisan berat dan lukisan dinamis.
Daftar Pustaka :
id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
http://www.hog-pictures.com/2016/05/pengertian-sejarah-blender-3d-history-definition.html
Komentar
Posting Komentar