Pengertian Sistem Informasi
Definisi
Sistem Informasi:
Suatu
sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.
Atau ;
Sebuah
sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi
untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi.
Sistem ini
memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model
manajemen dan basis data.
Dari
definisi di atas terdapat beberapa kata kunci :
1.
Berbasis komputer dan Sistem Manusia/Mesin
- Berbasis
komputer: perancang harus memahami pengetahuan komputer dan pemrosesan informasi
- Sistem manusia
mesin: ada interaksi antara manusia sebagai pengelola dan
mesin sebagai alat untuk memroses informasi. Ada proses manual yang harus
dilakukan manusia dan ada proses yang terotomasi oleh mesin. Oleh karena itu
diperlukan suatu prosedur/manual sistem.
2. Sistem
basis data terintegrasi
- Adanya penggunaan
basis data secara bersama-sama (sharing) dalam sebuah data base manajemen system.
3.
Mendukung Operasi
- Informasi yang
diolah dan di hasilkan digunakan untuk mendukung operasi organisasi.
Istilah Sistem
Informasi
=
Manajemen Information System
=
Information Processing System
=
Information Decision System
=
Information System.
Semuanya mengacu
pada sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk mendukung
operasi, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan suatu organisasi.
Komponen
Fisik Sistem Informasi:
1. Perangkat keras komputer: CPU, Storage, perangkat Input/Output,
Terminal untuk
interaksi, Media
komunikasi data
2. Perangkat lunak komputer: perangkat lunak sistem (sistem operasi
dan utilitinya), perangkat lunak umum aplikasi (bahasa pemrograman), perangkat
lunak aplikasi (aplikasi akuntansi dll).
3. Basis data: penyimpanan data pada media penyimpan
komputer.
4. Prosedur: langkah-langkah penggunaan sistem
5. Personil untuk pengelolaan operasi (SDM),
meliputi:
- Clerical personnel (untuk menangani transaksi dan
pemrosesan data dan melakukan inquiry = operator);
- First level manager: untuk mengelola pemrosesan data
didukung dengan perencanaan, penjadwalan, identifikasi situasi out-of-control
dan pengambilan keputusan level menengah ke bawah.
- Staff specialist: digunakan untuk analisis untuk
perencanaan dan pelaporan.
- Management: untuk pembuatan laporan berkala,
permintaan khusus, analisis khusus, laporan khusus, pendukung identifikasi
masalah dan peluang.
Daftar Pustaka :
agungsr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3412/Konsep+SI.pdf
Komentar
Posting Komentar